get app
inews
Aa Read Next : Daun Sirsak Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

PP Kesehatan Dipertanyakan, Terkait Penyediaan Alat Kontrasepsi bagi Pelajar dan Remaja

Senin, 05 Agustus 2024 | 13:34 WIB
header img
Presiden Jokowi menekan peraturan pelaksana UU Kesehatan. Beleid itu salah satunya mengatur penyediaan alat kontrasepsi bagi pelajar dan remaja. (Foto/Ilustrasi: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksana Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 menyangkut Kesehatan, sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PP itu salah satunya mengatur penyediaan alat kontrasepsi bagi pelajar dan remaja. Tak pelak lagi regulasi di bidang kesehatan itu pun marak menuai kritikan, termasuk dari wakil rakyat yang bermarkas di Senayan.

Pada Pasal 103 (1), disebutkan upaya Kesehatan sistem reproduksi usia sekolah dan remaja minimal berupa pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi serta pelayanan kesehatan reproduksi.

Fungsi dan Proses

Selanjutnya, Pasal 103 ayat (2), mencakup sistem, fungsi dan proses reproduksi; menjaga kesehatan reproduksi; perilaku seksual berisiko dan akibatnya; keluarga berencana; melindungi diri dan mampu menolak hubungan seksual; dan pemilihan media hiburan sesuai usia anak.

"Pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diberikan melalui bahan ajar atau kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kegiatan lain di luar sekolah," bunyi Pasal 103 ayat (3) PP tersebut.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut