get app
inews
Aa Read Next : BEI Bursa Terbaik se-ASEAN, Menarik di Mata Investor Asing

Sentimen Pasar Pekan Ini, Pembagian Dividen Dan Rilis Data Inflasi

Senin, 30 Mei 2022 | 12:12 WIB
header img
Simak! Sentimen Pasar Pekan Ini, Pembagian Dividen sampai Data Inflasi. (Foto: MNC Media)

Sentimen Pekan Ini

Dari eksternal, menguatnya indeks saham Amerika Serikat (AS) alias Wall Street sepanjang pekan lalu, termasuk Jumat (27/5) waktu setempat, bisa menjadi katalis positif untuk pasar saham domestik.

Teranyar, tiga indeks utama Wall Street kompak ditutup menguat pada Jumat. Indeks Dow Jones naik 1,76%, S&P melesat 2,47%, dan indeks sarat saham teknologi Nasdaq melejit 3,33%.

Selama sepekan, ketiga indeks tersebut juga menorehkan kinerja positif. Dow Jones naik 4,18%, S&P 500 menguat 4,64%, dan Nasdaq melompat 5,17%.

Sebagaimana diwartakan IDXChannel sebelumnya, berita buruk tampaknya sekali lagi menjadi kabar baik di Wall Street sepekan kemarin.

Ini karena tanda-tanda melambatnya pertumbuhan di AS berharap Federal Reserve mungkin tidak perlu memperketat kebijakan suku bunga sebanyak yang diperkirakan sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah meningkatkan risiko keuntungan perusahaan yang lebih lemah, secara teori membuka jalan bagi harga saham yang lebih lemah.

Beberapa bank Wall Street dalam beberapa pekan terakhir memperingatkan bahwa kemungkinan resesi AS meningkat, bersama dengan kemungkinan peningkatan lingkungan pertumbuhan rendah dan inflasi tinggi yang dikenal sebagai stagflasi.

Namun, dalam waktu dekat, beberapa investor percaya perlambatan yang baru terjadi dapat mendukung kasus bagi The Fed untuk menarik kembali kemiringan kebijakan moneter agresif yang telah membuat investor bingung dan membantu mendorong indeks S&P 500 ke puncak 20% penurunan yang banyak disebut pasar bearish.

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut