get app
inews
Aa Read Next : BEI Bursa Terbaik se-ASEAN, Menarik di Mata Investor Asing

Sentimen Pasar Pekan Ini, Pembagian Dividen Dan Rilis Data Inflasi

Senin, 30 Mei 2022 | 12:12 WIB
header img
Simak! Sentimen Pasar Pekan Ini, Pembagian Dividen sampai Data Inflasi. (Foto: MNC Media)

Sementara menurut CME, ekspektasi hawkishness Fed telah mereda, dengan investor sekarang memperkirakan probabilitas 35% bahwa suku bunga dana Fed akan berada di antara 2,25% dan 2,50% setelah pertemuan September, turun dari probabilitas 50% seminggu yang lalu.

The Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin tahun ini. Risalah dari pertemuan terakhir bank sentral menunjukkan para pejabat bergulat dengan cara terbaik untuk menavigasi ekonomi menuju inflasi yang lebih rendah tanpa menyebabkan resesi atau mendorong tingkat pengangguran secara substansial lebih tinggi.

Sejumlah rilis data ekonomi di beberapa negara juga akan menjadi perhatian investor. Misalnya, laju inflasi Jerman per Mei (rilis hari ini 19.00 WIB); laju inflasi Prancis, Italia dan Uni Eropa (31 Mei).

Kemudian, PMI manufaktur AS (1 Juni), pembukaan pekerjaan AS (1 Juni), hingga data ketenagakerjaan AS (2 Juni).

Sentimen Domestik

Dari sisi domestik, musim pembagian dividen emiten masih berlangsung. Ini bisa menjadi sentimen positif bagi sejumlah saham di BEI, termasuk IHSG secara umum.

Setidaknya, ada 11 emiten yang sudah mengeluarkan jadwal cum date (batas terakhir seorang investor berhak mendapatkan dividen) sepanjang pekan ini.

Sebut saja, emiten pemilik gerai Pizza Hut (PZZA) pada hari ini (30 Mei), Bank Permata/BNLI pada hari ini, ritel Ramayana/RALS (31 Mei), emiten tambang Bukit Asam/PTBA (3 Juni), sampai emiten sawit TAPG (3 Juni).

Di samping pembagian dividen, investor juga akan mencermati rilis data inflasi selama Mei oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Kamis pekan ini (2 Juni).

Inflasi menjadi salah satu indikator ekonomi makro yang terus dipelototi pelaku pasar karena merupakan acuan Bank Indonesia (BI) untuk menahan atau menaikkan suku bunga.

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut